Selasa, 23 Maret 2010

TipsUjian Nasional


Sempat terdengar bahwa Ujian Nasional akan dihapuskan. Hal ini pun telah menjadi kontroversi di kalangan masyarakat. Namun, pada kenyataannya pemerintah tetap mempertahankan keberadaan Ujian Nasional.

Tak pungkiri pula, seandainya Ujian Nasional dihapuskan akan membuat siswa senang? Namun, buat kamu para pelajar tidak perlu kecewa, tidak perlu takut jika ternyata Ujian Nasional tetap dilaksanakan.

Tips Hadapi Ujian Nasional :

 
1. Minta Maaf & Minta Doa Restu
 
Meminta maaf kepada orang-orang disekitar kamu, mungkin ini bisa membuatmu sedikit lebih tenang dan lega. Tak lupa juga mohon doa restu kepada orang tua. Mohon doa restu agar segala sesuatunya lancar.



2. Persiapan Matang



Pastikan semuanya siap. Siapkan materinya, kuasai materinya. Siapkan peralatan yang kamu butuhkan, seperti pensil, bolpen, penggaris, penghapus dan lain-lain. Kartu Ujian jangan sampai ketinggalan, daripada nanti balik ke rumah lagi, kan repot.


3. Datang Lebih Awal




Nggak ada salahnya jika kamu datang lebih awal. Kamu bisa me-refresh lagi semua yang telah kamu pelajari semalam.

4. Berdoa

Ingat, hari ini adalah hari penentuan selama 3 tahun kamu belajar. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan, semoga diberi kemudahan dalam segala hal.

5. Tenang dan Percaya Diri

Tak usah takut, tak usah gelisah, tetap tenang dan percaya diri. Yakinkah bahwa kamu mampu dan bisa mengerjakan soal-soal dengan baik
.
6. Jawab Soal secara Strategis
 
Jawablah soal yang kamu anggap lebih mudah. Jika ditengah-tengah ada kesulitan, lewati dulu, tapi tetep jangan sampai lupa. Kamu bisa menandai soal yang belum kamu jawab. 

7. Sisakan Waktu


Periksa jawabanmu. Jangan tergesa-gesa meninggalkan ruangan. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan.

Perlu Diingat!!!
Belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari ujian tiba. Usahakan jangan menggunakan sistem kebut semalam. Justru pada hari-hari mendekati ujian, badan dan pikiran harus rileks, makanlah makanan yang bergizi.

Semoga tipsnya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar